» » » KEISTIMEWAAN PUASA RAMADHAN

Thursday 12 July 2012

KEISTIMEWAAN PUASA RAMADHAN

Bulan Ramadhan begitu mulia, karena di dalamnya terdapat ibadah puasa. Ibadah yang berlandaskan legitimasi kitab suci yang pernah ada bagi seluruh umat beragama. Dalam Islam, ibadah puasa telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an. Firman Allah:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. 2:183). Kewajiban berpuasa ini juga dipertegas oleh Rasulullah SAW melalui sunnahnya.
Beberapa keistimewaan puasa Ramadhan antara lain sebagai berikut:
  1. Orang yang melakukan puasa Ramadhan akan mendapat pengampunan atas dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW berikut ini: Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan karena iman dan mengharap ridlo'Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang lalu." (Muttafaq Alaihi)

  2. Dalam bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari 83 tahun 4 bulan. Karena “... bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)....”(Q.S.2: 185). “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan.”(Q.S. 97: 1). “Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan”. (Q.S. 97: 1). Baca juga hadits tentang Lailatul-Qadr dan hadits Sahih Bukhari mengenai Puasa Ramadhan.

  3. 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila memasuki sepuluh hari -- yakni sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan-- mengencangkan kain sarungnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya. Muttafaq Alaihi.

  4. Keutamaan berpuasa di jalan Allah bagi orang yang mampu, tanpa mudarat dan meninggalkan hak (bekerja). Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra., ia berkata:
    Rasulullah saw. bersabda: Tidaklah seorang hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh jarak perjalanan 70 tahun. (Shahih Muslim No.1948).

  5. Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu”. (H.R. Muslim).

1 comment :

Bayu Aj said...

Teramat banyak keistimewaan dan kemuliaan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya pada bulan Ramadhan, karena pada bulan inilah sebuah pedoman hidup yang hakiki Allah turunkan. Rasulullah dan para sahabat begitu berseri-seri wajahnya manakala Ramadhan sudah tampak di depan mata. Begitu sebaliknya, kesedihan tersirat dari wajah mereka ketika Ramadhan setapak demi setapak pergi meninggalkan mereka.

Puasa tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan manusia tetapi juga bermanfaat bagi binatang dan tumbuhan. Lihat pada ayam betina yang mengerami telurnya, pada ular saat berganti kulit, pada beruang dan katak ketika memasuki fase hibernasi (tidur panjang) guna menghindari musim dingin atau kekeringan dan pada proses metamorfose dari ulat menjadi kepompong, kemudian menjadi kupu-kupu. Saat itu mereka semua puasa.

SEPULUH (10) ENTRI POPULER

Flag Counter

flag counter

Followers