» » » ALLAH MEWAJIBKAN KEPADA MANUSIA UNTUK BERSYKUR KEPADA-NYA DAN KEPADA KEDUA ORANG TUA (IBU DAN BAPAK)

Friday 27 November 2009

ALLAH MEWAJIBKAN KEPADA MANUSIA UNTUK BERSYKUR KEPADA-NYA DAN KEPADA KEDUA ORANG TUA (IBU DAN BAPAK)

Firman Allah:
  1. Q.S.17: 23-24

    Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu janganmenyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengansebaik-baiknya. Jika salah seorang dari keduanya atau kedua-duanya sampaiberumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakankepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka danucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”1. (Q.S. Al-Isra’: 23).
    "Dan rendahkanlah dirimu terhadap merekaberdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah merekakeduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil”. (Q.S.Al-Isra’: 24).


  2. Q.S.31: 13-14 sebagai berikut:

    Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuatbaik) kepada dua orang ibu-bapaknya; Ibunya telah mengandungnya dalam keadaanlemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun2. Bersyukurlahkepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”. (Q.S. Luqman: 14).“Dan jika keduanya memaksamu untukmempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu,maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di duniadengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanyakepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamukerjakan”. (Q.S. Luqman: 15)

    Kita semua lahir ke dunia tidak luput dari jasa kedua orang tua, baik ibu maupun ayah. Melalui kedua orang tua setiap kita diciptakan oleh Allah SWT, kecuali Nabi Adam A.S. yang diciptakan Allah tanpa seorang ibu dan ayah3 juga Nabi Isa A.S. yang lahir tanpa seorang ayah4 lewat seorang perempuan suci Maryam.
    Bahkan setiap manusia yang baru dilahirkan merupakan inividu yang sangat lemah, tidak mungkin hidup tanpa jasa bantuan kedua orang tua, terutama kedua orang tua kandung.
    Sedangkan pengertian orang tua secara umum sebagaimana pengertian menurut wikipedia : Orangtua adalah ayah dan/atau ibu seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Umumnya, orangtua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak, dan panggilan ibu/ayah dapat diberikan untuk perempuan/pria yang bukan orangtua kandung (biologis) dari seseorang yang mengisi peranan ini. Contohnya adalah pada orangtua angkat (karena adopsi) atau ibu tiri (istri ayah biologis anak) dan ayah tiri (suami ibu biologis anak).
_________
  1. Mengucapkankata “Ah” kepada orang tua tidak dibolehkan oleh agama, apalagi mengucapkankata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
  2. Maksudnya:Selambat-lambatnya waktu menyapih ialah setelah anak berumur 2 tahun.
  3. Lihat Q.S. 7: 12; 15: 28; 38: 71 dan 76.
  4. Lihat Q.S. 3: 45 s.d.49; dan Q.S. 19: 23 s.d. 26.
  5. Lihat Q.S. 2: 87 dan 253.

No comments :

SEPULUH (10) ENTRI POPULER

Flag Counter

flag counter

Followers