» » » » HUKUM ALAM (SUNNATULLAH)

Wednesday 8 December 2010

HUKUM ALAM (SUNNATULLAH)

Hukum alam merupakan hukum Allah (Sunnatullah), artinya alam beserta hukumnya adalah ayat-ayat Allah. Belajar dari beberapa hukum alam berikut:
1. AIR MENGALIR
Air mengalir dari tempat yang tinggi (selanjutnya disebut: "atas") ke tempat yang lebih rendah (selanjutnya disebut: "bawah"). Jika air yang di bawah jernih, sementara yang di atas keruh, tentu di bawah yang semula jernih akan menjadi keruh, dan sangat sulit menjernihkannya, kecuali lewat "filter" dan dipisah dari (jaringan) salurannya. Tetapi jika air yang di atas jernih, maka sekalipun air yang ada di bawah keruh, jika terus-menerus dialiri air dari atas yang jernih, tentu air keruh di bawah berangsur berubah menjadi jernih.
Sungguh bahagia rakyat jelata, ...dipimpin oleh pemimpin yang tidak zhalim.
HUKUM ALAM, AIR MENGALIR, AYAT ALLAH

2. IKAN LAUT
Ikan laut yang hidup mustahil berasa asin, walau air laut tempat hidupnya sangat asin. Tapi jika ikan itu telah mati, rasa ikan itu akan mudah berubah. Bisa menjadi ikan asin; bisa berasa gurih jika digoreng; dan berasa sedap jika dipindang; bahkan baunya bisa mengundang selera...atau sebaliknya, busuk dan sangat menjijikkan jika ikan mati dibiarkan.
IKAN LAUT, AIR LAUT, AYAT ALLAH
Demikian juga bagi orang yang sentiasa menjaga, me- melihara dan menghidupkan imannya, akan memiliki pendirian yang kokoh dan dapat menjalani hidup sesuai tuntunan-Nya. Tetapi jika seseorang hidup tanpa iman (imannya telah mati), maka akan mudah.... Sungguh berbahagialah bagi orang yang selalu menghidupkan imannya.

HUKUM ALAM, SUNNATULLAH, AYAT ALLAH
3. TUMBUHAN BIJI
Semua tumbuhan berbiji seperti jagung, jambu, kelapa dsb. Jika biji tsb. ditanam, makayang mula-mula tumbuh akarnya. Mustahil ada biji tumbuh daun sebelum berakar (kecuali tanaman yang dicangkok). Jika daun lebih dulu dari akar tentu tidak akan sukses menjadi tumbuhan baru, karena disaat daun melakukan fotosintesis saat cadangan makanan habis sementara akar belum berfungsi,tentu akan layu dst....
Sebaliknya jika akar lebih dulu tumbuh, maka akar berangsur menancap ke dalam tanah dan disusul daun mulai berfungsi dalam proses fotosintesis, maka di saat cadangan makanan (bagi kecambah) pada biji telah habis, akar telah berfungsi mengambil unsur hara dari dalam tanah, maka tumbuhan tsb. tumbuh dan berkembang dengan baik.
HUKUM ALAM, SUNNATULLAH, AYAT ALLAH
HUKUM ALAM, SUNNATULLAH, AYAT ALLAH
Dalam sebuah tamsil akar identik dengan rohani, sedangkan daun identik dengan jasmani (fisik).

Demikian juga dalam perkembangan manusia. Pendidikan moral dan nilai-nilai, apabila telah diperkokoh dari sisi ini, maka di saat fisik berkembang; mulai tampak keindahan dan kemolekannya, baik berupa ketampanan atau kecanti- kannya. Karena telah memiliki 'akar' yang kokoh, maka akan berkembang selarassebagai manusia sesuai nilai-nilai dsb.....
HUKUM ALAM, SUNNATULLAH, AYAT ALLAH

No comments :

SEPULUH (10) ENTRI POPULER

Flag Counter

flag counter

Followers